Pastinya sobat pebisnis tahu bahwa sebagus apapun produk yang dihasilkan oleh para pebisnis, semuanya akan sia-sia hingga nyaris tidak laku tanpa strategi periklanan yang aktif.

Sejalan dengan tujuan tersebut, periklanan online telah muncul sebagai salah satu jenis periklanan yang paling menguntungkan.

Keuntungan Beriklan Online

Sebagai perwakilan bisnis, poin-poin berikut pasti bisa dipertimbangkan, seperti dilansir Niagahoster, saat memilih beriklan online:

1. Sejumlah besar pengguna Internet

Alasan terbesar bagi para pengusaha untuk benar-benar mulai mempertimbangkan iklan online adalah banyaknya pengguna internet di Indonesia.

Bahkan, menurut Katadata, jumlah pengguna internet di Tanah Air mencapai 204,7 juta orang per Januari 2022 atau sekitar 73,7% dari total penduduk Indonesia.

Jumlah yang terus bertambah ini menghadirkan peluang bagus bagi pengiklan online.

2. Relatif lebih terukur

Dibandingkan dengan iklan tradisional baik yang ditayangkan di televisi, radio maupun di media cetak, iklan online terlihat lebih terukur.

Banyak sekali platform dan tools yang bisa sobat entrepreneur gunakan untuk melakukan analisa.

Dengan demikian, akan lebih mudah bagi kami untuk memantau keefektifan iklan tersebut, mulai dari jangkauan jangkauan promosi dan biaya hingga tujuan periklanan, yang semuanya dilaporkan dengan data yang sangat akurat dan terkini.

3. Beberapa format

Sekali lagi, jika dibandingkan dengan iklan lain, iklan online hadir dalam berbagai format.

Sobat entrepreneur bebas melakukan promosi melalui tulisan, foto, video atau gabungan dari semuanya di berbagai platform online.

Selain itu, kita juga bisa bekerja sama dengan pihak ketiga sebagai influencer yang berpeluang mendapatkan efek word of mouth yang lebih baik.

Iklankan Google Ads secara efektif untuk bisnis kecil dan menengah

Jenis iklan apa yang tersedia secara online?

Nah, jika Anda seorang pengusaha pasti paham betul bahwa banyak keuntungan yang ditawarkan oleh iklan online, maka ada baiknya Anda mulai mempelajari jenis-jenis iklan online yang beredar di masyarakat.

Dilansir dari https://iklanwangi.com berikut beberapa di antaranya:

1. Pencarian berbayar

Jenis iklan online yang pertama adalah paid search atau bisa juga disebut paid search atau kampanye pencarian.

Kehadiran paid search sendiri memberikan efek positif dari hadirnya mesin pencari di internet seperti Google yang tentunya setiap hari kita gunakan untuk mencari berbagai informasi.

Ini pada akhirnya adalah gaya hidup ZMOT (Zero Moment of Truth).

Inti dari ZMOT adalah orang saat ini lebih memilih informasi produk Google sebelum mereka membelinya.

Fakta ini tentu saja menjadi peluang besar bagi periklanan online, yang membuat Google menawarkan layanan pencarian berbayar melalui Google Ads (sebelumnya Google AdWords).

Melalui Google Ads, raksasa mesin pencari tersebut menawarkan layanan periklanan online melalui hasil pencarian, iklan bergambar, iklan YouTube hingga iklan di aplikasi mobile.

Agar pencarian berbayar ini bekerja secara efektif, Anda harus memiliki kata kunci yang tepat. Kata kunci ini harus dicari oleh calon pelanggan dan dikaitkan dengan produk kita.

Oleh karena itu, untuk dapat menggunakan layanan Google ini, kita hanya perlu mengunjungi website Google Ads dan membuat akun email khusus untuk keperluan periklanan online.

Hanya setelah Anda berhasil masuk ke AdWords, kami dapat menetapkan tujuan periklanan sesuai dengan kebutuhan bisnis termasuk situs pencarian kategori bisnis untuk audiens target.

Jika konten iklan sudah selesai, Anda dapat mengatur anggaran, memilih metode pembayaran, dan siap melakukan pencarian berbayar.

2. Iklan sosial

Tidak jauh beda dengan paid search, media sosial berbayar juga ada paid search, hanya saja platform media sosial seperti Instagram, Facebook, Twitter hingga TikTok.

Dengan fakta bahwa 87,13% pengguna internet di Indonesia menggunakan media sosial, media sosial berbayar tentu menjadi jenis iklan online yang menggiurkan.

Dengan media sosial berbayar, kita bisa lebih baik membidik konsumen potensial kita sesuai dengan kebutuhannya.

Dalam layanan sosial berbayar ini, beberapa layanan yang ditawarkan adalah Facebook Ads, Instagram Ads atau mungkin juga bisa kita pertimbangkan untuk menggunakan influencer.

Dengan format iklan yang beragam baik itu gambar, video atau carousel tentunya hasilnya akan lebih efektif.

3. Pemasaran email

Selama ini kita mungkin mengenal email sebagai sarana komunikasi pribadi.

Namun ternyata email juga bisa menjadi metode pemasaran yang sangat efektif melalui email marketing.

Melalui layanan perpesanan bisnis seperti buletin, sesama pengusaha dapat membangun koneksi yang lebih intim dengan klien potensial.

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *