10 Daftar Peralatan Renang Anak

10 Daftar Peralatan Renang Anak yang Wajib Bunda Lengkapi

Sebelum mengajak si kecil berenang, bunda lengkapi dulu daftar perlengkapan renang anak yang wajib ada berikut ini, agar aman dan nyaman!


Menghabiskan waktu bersama si buah hati tentunya menjadi aktivitas paling menyenangkan bagi setiap keluarga. Salah satunya, bunda bisa ajak anak berenang bersama. Olahraga renang bisa menjadi aktivitas yang ditunggu-tunggu sekaligus olahraga seru bagi si kecil.

Selain menguatkan ikatan antara orang tua dan anak, berenang juga berguna untuk melatih otot serta meningkatkan keterampilan motorik anak. Mengajarkan anak berenang juga bisa menjadi bekal keselamatan jika suatu saat dibutuhkan kemampuan berenang.

Namun, ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan dan dibawa agar aktivitas berenang lebih aman dan seru. Berikut daftar perlengkapan renang anak yang wajib bunda bawa supaya berenang bisa lebih maksimal.

Perlengkapan Renang Anak

1. Pakaian Renang

Perlengkapan renang anak yang wajib disiapkan tentunya adalah pakaian renang. Sangat penting untuk mengenakan pakaian khusus untuk berenang. Sebab pakaian renang memang dirancang khusus demi kenyamanan saat berenang.

Pakaian renang menggunakan bahan yang sangat minim menyerap air, jadi tidak memberatkan anak saat berada di dalam air. Selain itu, pilihlah ukuran pakaian renang yang pas untuk anak, jangan terlalu besar ataupun kecil.

Jika anak mengenakan pakaian renang yang terlalu besar, ia akan membuat pergerakan lebih berat. Sementara pakaian renang yang terlalu sempit bisa membuat sesak anak saat berenang. 

2. Kacamata Renang

Kacamata renang menjadi peralatan renang anak selanjutnya yang penting untuk kamu persiapkan. Air kolam renang mengandung klorin yang berpotensi membuat mata perih dan teriritasi.

Oleh sebab itu, penting untuk anak menggunakan kacamata renang saat berenang. Selain itu, menggunakan kacamata renang juga membuat anak dapat melihat kondisi bawah air dengan jelas.

Kamu juga bisa memilih kacamata renang yang memiliki fitur anti-fog yaitu mencegah kacamata berkabut ketika dipakai terlalu lama. Untuk si kecil yang punya mata minus pun ada kacamata renang khusus untuk mata minus.

Jadi, usahakan untuk selalu membawa kacamata renang ya, bunda!

3. Topi Renang

Walaupun sudah mengenakan kacamata renang, terkadang klorin dari air kolam renang masih bisa mengenai mata lewat rambut. Jika kamu ingin menghindari klorin masuk ke mata lebih maksimal, sebaiknya gunakan topi renang pada anak.

Terlebih lagi pada anak perempuan yang berambut panjang, rambut akan lebih rawan mengenai mata. Topi renang umumnya memiliki bahan yang elastis, jadi tak perlu khawatir meski berambut panjang.

Rambut yang basah juga bisa mengakibatkan gerakan kepala lebih berat dan lama-kelamaan mengganggu kenyamanan.

4. Ban dan Papan Pelampung

Selanjutnya, ban renang anak dan papan pelampung juga perlengkapan renang anak yang penting. Ban dan papan pelampung memiliki persamaan sekaligus sedikit perbedaan fungsi.

ersamaannya, kedua peralatan renang anak ini sama-sama memiliki fungsi menjaga anak tetap terapung meskipun belum terlalu menguasai teknik renang.

Sementara itu, ada sedikit perbedaan antara kedua benda tersebut. Kalau ban hanya berfungsi untuk mengapung, fungsi lain dari papan pelampung adalah melatih kekuatan kaki.

Papan pelampung tak hanya bermanfaat bagi pemula, yang sudah terlatih pun tetap perlu papan renang untuk melatih tendangan kaki.

5. Hand Paddle

Kalau papan renang berfungsi untuk melatih kekuatan kaki, peralatan renang anak yang satu ini berfungsi untuk melatih kekuatan tangan saat berenang.

Hand paddle sebenarnya tidak hanya dibutuhkan anak-anak, namun juga dapat digunakan orang dewasa. Ketika anak belajar melakukan gaya bebas, hand paddle sangat berguna untuk melatih kemampuan gerakan tangan.

Cara menggunakannya adalah dengan memasukkan telapak tangan ke dalam hand paddle lalu berenanglah seperti biasa.

6. Kaki Katak

Perlengkapan renang anak selanjutnya yang perlu kamu siapkan adalah kaki katak. Ada berbagai macam kaki katak yang memiliki fungsi berbeda-beda.

Kaki katak untuk berenang di kolam renang dengan untuk berenang di laut jelas berbeda. Kamu tidak perlu kaki katak dengan panjang ekstra ketika berenang di kolam, yang pendek saja sudah cukup, Toppers.

Menggunakan kaki katak bisa membuat anak berenang lebih cepat ketika menggunakan teknik renang gaya bebas.

7. Pull Buoy

Selain hand paddle, ada lagi peralatan renang anak yang memiliki fungsi melatih tangan saat berenang, terutama berenang gaya kupu-kupu. Ketika berenang dengan gaya kupu-kupu, kaki cenderung mudah tenggelam.

Dengan menggunakan pull buoy, kaki akan tetap terangkat. Kamu hanya perlu menyuruh si kecil menjepitkan pull buoy di antara kedua paha, dengan begitu kamu tak usah khawatir kaki akan turun.

Membiasakan pemakaian pull buoy pada anak dapat melatihnya mempraktikkan gaya kupu-kupu yang benar sejak kecil. Sehingga kaki si kecil pun terbiasa untuk terangkat lurus.

8. Sunblock Anak

Berikutnya, sunblock juga penting jika si kecil berenang di kolam terbuka. Berada di dalam air memang bisa membuat suhu badan sejuk dan tidak menyadari paparan sinar ultraviolet (UV). Namun, sebenarnya sinar matahari dapat menyinari seluruh badan anak.

Agar kulit anak tidak mudah gosong, selalu oleskan sunblock khusus anak sebelum mulai berenang. Memakai sunblock sebelum terpapar sinar matahari akan memberikan proteksi yang lebih maksimal.

Bunda juga bisa memilih pakaian renang dengan proteksi UV untuk membantu kerja sunblock

9. Handuk

Selain proteksi sebelum berenang, handuk termasuk proteksi setelah berenang. Memakai baju yang basah terlalu lama setelah berenang bisa mengakibatkan sakit pada anak.

Penting untuk langsung memakaikan handuk pada anak setelah ia selesai berenang. Jangan biarkan si kecil menunggu dengan kondisi basah kuyup.

Pastikan handuk yang digunakan dapat menyerap air dengan baik!

10. Peralatan Mandi

Selain mengandung klorin, terdapat banyak sekali kotoran dan bakteri yang berkumpul di kolam renang meski tak kasatmata. Maka dari itu, penting untuk membersihkan kotoran yang menempel tersebut dari tubuh anak.

Karena bilas dengan air saja tidak cukup, peralatan mandi dibutuhkan untuk membersihkan badan anak.

Bunda bisa membawa sabun dan shampo dalam kemasan ekonomis agar praktis dibawa kemana-mana.

Oh ya, jangan lupa pastikan kamu menggunakan kontraktor kolam renang profesional untuk mewujudkan kolam renang impianmu, ya. Selamat bersantai di kolam renang idaman!

Tagged : /

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *